Kritikan Banyak dari Netizen, Ayat-Ayat Cinta 2 Malah Melonjak

Kisah cinta dari Fahri dan Aisha yang sangat fenomenal pada tahun 2008 di film Ayat-Ayat Cinta berlanjjt pada film sekuelnya, Ayat Ayat Cinta 2. Film tersebut sudah rilis sejak tanggal 21 Desember 2017 lalu. banyak sekali review dari netizen yang sudah menonton film ini akan tetapi yang menarik adalah banyaknya komentar negative soal film tersebut.

Komentar Negative Hantarkan Banyak Penonton

Film terdahulunya, Ayat Ayat Cinta yang tayang pada tahun 2008 memang mendapatkan banyak pujian dari penontonnya dan penggiat industry film tanah air. Akan tetapi untuk Ayat Ayat Cinta 2 ini nampaknya mengalami hal yang sangat berbeda. Kritikan datang dari sana dan sini. Namun sisi positifnya adalah kritikan tersebut nampaknya tidak mempengaruhi jumlah penonton Ayat Ayat Cinta 2 yang pasalnya semakin melambung.

Dikutip dari CNN Indonesia, Ayat Ayat Cinta 2 berhasil menghimpun 1 juta penonton dalam waktu 5 hari saja. Dengan pencapaian itu, Ayat Ayat Cinta 2 ini menjadi film Indonesia yang berada di posisi ke-9 di mana bisa menembus angkat keramat, yakni satu juta penonton. Hal tersebut disampaikan oleh Manoj Punjabi selalu Produsernya yang ia sampaikan lewat akun Twitter pribadinya.

Selama kurang lebih 6 hari tayang di bioskop, pada hari Selasa (26/12), film tersebut sudah ditonton lebih dari 1.2 juta penonton. Angka itu hampir 2 kali lipat lebih besar dibandingkan film garapan Ernest Prakasa, Susah Sinyal, yang tayang bebarengan itu. dalam kurun waktu yang pasalnya sama, Susah Sinyal baru ditonton lebih dari 690 ribu orang saja. Secara angka bisa dikatakan Ayat Ayat Cinta 2 menang.

Kritikan Soal Karakter, Setting dan Plot

Akan tetapi banyak sekali kritik yang ditujukan pada film Ayat Ayat Cinta 2 ini di media sosial. Netizen banyak yang memberikan kritik mulai dari penggambaran karakter Fahri yang mana dinilai sebagai manusia setengah dewa bahkan seperti malaikat, juga penggunaan bahasa Indonesia yang mana latar tempatnya di Eidenburgh, Skotlandia, sampai dengan cerita RESULT HK yang dianggap sama sekali tak masuk akal.

Salah satu yang melontarkan kritikan adalah penulis novel fenomenal, Critical Eleven, Ika Natassa. Ia meenuliskan dalam akun Twitter pribadinya tentang pendapatnya. “Kelemahan si Fahri tu cumin satu-dan buatku ini fatal ya bagi logika cerita: katanya cinta mati jungkir balik dunia akhirat, tapi mata dan suara istrinya tdk bisa dia kenali?” tulisnya. Ia menambahkan, “Hal lain yang menggangguku: lokasi cerita di Edinburgh, tapi semua orang ngomongnya bahasa Indonesia (campur-campur pula dengan Inggris yang berarti para aktor aktris sanggup dong bhs Inggris. Menurutku seharusnya dibiarkan saja real, lokasi di sana ya bicara Inggris sama locals.”

Tidak hanya itu, salah satu penggiat film, Stephany Josephine, yang suka mereview film-fil juga menuliskan reviewnya yang sangat spoiler. Banyak yang juga mengomentari Tweet dari Stephany dengan akun @teppy87 itu dengan berbagai komentar. Yang paling  tidak masuk akal baginya adalah adanya proses penggantian muka Aisha yang semula diperankan oleh Dewi Sandra, kemudian diganti dengan wajah Tatjana Saphira.

Fedi Nuril yang berperan sebagai Fahri menjawab kritikan tersebut lewat akun twitter pribadinya. Menurutnya, sosok seperti Fahri memang benar ada di dunia nyata. Ia mengatakan bahwa “Ada beberapa malah dan mungkin lebih hebat dari Fahri. Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk bertemu.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *